VHIAN WAHYU NOTE - TEMPEH KIDUL WEBSITE

Website/Blog ini dibuat untuk menambah pengetahuan bagi semua orang yang mengunjunginya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan kita :)

Search

Minggu, 04 Mei 2014

Tips memilih burung Anis Merah

Tips memilih Anis Merah

Hal yang perlu diperhatikan untuk memilih Anis Merah dibagi menjadi 2 ni om yg penting. Yuk kita simak aja untuk dipraktekin:

1. Anis Merah berkualitas berdasar katuranggan

Beberapa Anis Merah telah mendiskripsikan berbagai macam katuranggan yang baik, ane coba diskripsikan juga berdasar pengalaman dan pengetahuan ane tanpa mencomot dari sumber manapun;
  • Kepala kecil bulat, sering diartikan sebagai Anis Merah yang jujur/gampang nampil.
  • Kepala papak (spt murai), sering diartikan sebagai Anis Merah yang pinter merekam master. Sehingga rata-rata Anis Merah seperti ini pinter menyusun dan membawakan lagu.
  • Kaki hitam, sering diartikan bahwa Anis Merah memiliki bermental baik ada juga yg berpendapat dengan kaki kering.
  • Body mirip sekop, sering diartikan Anis Merah akan memiliki gaya yang mewah.
  • Kaki ngangkang/lebar, lebih sering diartikan telernya lebar/bawa badan.
  • Semakin kecil sudut tungkai kaki akan mempengaruhi semakin “ndlosor”-nya Anis Merah pada saat telernya.
  • Paruh tebal (mbelimbing) sering diartikan volume bagus, kalau bagi ane pribadi lebih menyukai yg berleher beton (leher gede), karena lebih besar kemungkinannya volume lebih bagus daripada melihat paruh tadi.
  • Paruh panjang-pipih, sering diartikan dengan Anis Merah memiliki speed baik dan jarang kosong.
Mungkin masih banyak lagi, tapi buat saya patokan di atas sudah cukup buat memilih katuranggan. Proses pengamatan katuranggan hanyalah upaya mendapatkan Anis Merah yang baik berdasar pengamatan dan pengalaman di lapangan. Namun tetap tidak jaminan 100% bahwa pengamatan katuranggan akurat, namun kita selalu upaya agar mendapatkan prosentase tertinggi.

2. AM berkualitas dari daerah/wilayah mereka tumbuh dan faktor keturunan.

Disamping faktor katuranggan ada satu faktor yang bagi ane ini super penting yaitu wilayah/daerah asal. Satu keunikan Anis Merah adalah jika dia bersarang pada suatu pohon tertentu dia akan setia tetap menggunakan pohon tsb sebagai sarang dia. Jadi jika petani/pengepul yang cerdik dan teliti, akan selalu memperhatikan asal Anis Merah yg berkualitas dan jawara. Uniknya faktor betina lebih dominan utk menghasilkan keturunan yg baik dibanding faktor induk jantannya.

Anis Merah Pandawa selalu memperhatikan hal ini dengan berbagai testimoni dan penelitian yang cukup panjang.

Kami tidak pernah membatasi lingkup wilayah “jajahan” kami, saat ini hampir seluruh area pulau Bali telah kami telusuri utk mencari Anis Merah yang berkualitas. Karakteristik Anis Merah “daerah” ini memang khas dari fisik (katuranggan), setiap daerah memiliki ciri masing-masing.

Jadi Anis Merah trotol ring Pandawa tidak didominasi dari daerah tertentu tapi berdasar pengamatan yang cukup panjang dan teliti selalu memperbaiki pola menyortir dan pemilihan trotol yang prospek (berkualitas dan bermental baik). 
 
sumber : http://ternaks.blogspot.com/2013/06/tips-memilih-anis-merah.html

0 komentar:

Posting Komentar